Bawa Apa Saat Ajak Anak ke Pantai?

Mari kita angkat tangan berjamaah siapa yang anaknya paling senang main air?  Jangankan main air yang kayak di kolam renang atau di pantai, putri kecil saya, Bielli, apa pun yang bertema air, mulai dari menemani papa nya cuci mobil, atau mamanya membersihkan kamar mandi, paling pasang badan duluan untuk mengguyur tubuhnya dengan air.

Nah, pada akhir pekan, pantai masih menjadi favorit orang tua dan anak untuk mengajak mereka liburan.  Saya di sini tidak akan membahas itinerary liburan bersama anak, tapi printilan apa saja, sih, yang harus Mama siapkan:  

1. Baju renang
 Saya yakin ini menjadi priority list Mama saat hendak liburan ke pantai. Sebaiknya, jika menghabiskan waktu bermain di pinggir pantai lebih lama, gunakan Rashguard yang lebih banyak menutupi kulit anak. Rashguard ini jenis baju renang dengan potongan lengan sampai siku yang dikenakan oleh peselancar.

Setidaknya Mama jangan hanya siapkan satu baju renang saja, dong, untuk liburan yang lebih dari 1 hari. Berapa hari kita liburan, dan sebanyak itulah jumlah yang harus dibawa. Kenapa? Karena kulit anak yang masih sensitif  lebih baik menggunakan baju renang yang bersih dan baru

2. Sunscreen
Eh, siapa bilang yang pakai sunscreen itu hanya untuk dewasa saja? Justru kulit anak yang sensitif, lebih rentan ‘terbakar’ matahari.  Pilih yang mengandung  mineral-based dan minimal SPF 30 untuk melindungki kulitnya dari UVA & UVB

3. Bathrobe atau Cover Up

Si kecil sudah selesai main air, dan masih belum mau untuk dimandikan? Cover Up bisa jadi solusinya - apalagi jika si kecil yang gampang kedinginan

4. Kacamata

Biasanya , sih, jarang anak yang betah dan mau menggunakan kacamata di pantai. Tapi kesehatan mata pada anak juga penting. Apalagi anak lama menghabiskan waktu bermain pasir. Triknya agar anak mau menggunakan kacamata  - tentu saja kacamata khusus anak ya – adalah, kita yang menemani anak juga menggunakannya. Jadi si anak ingin meniru ‘idola’nya.

5. Topi
Oke, sepertinya penggunaan topi hanya bisa digunakan untuk si kecil yang masih bayi. Topi bundar dengan motif warna-warni dan terbuat dari bahan katun yang menyerap keringat, sebagai penangkal cahaya silau matahari . Topi dikenakan untuk pengganti kacamata, usia baby malah paling anti pakai kacamata – yang ada justru nanti dipatahin kacamatanya (curhat...)

6. Flip Flop
Sandal karet yang nyaman, lentur, dan tidak licin bisa melindungi kaki si kecil saat berjalan menelusuri pantai.

Nah, sudah dimasukkan enam daftar di atas? Selamat liburan Mama....

Artikel Blog Mama
Penulis: Ayunda Gafar
Mama dari Daffa Argya Fazil dan Rheabielli Fazil yang berprofesi sebagai fashion entreprenuer dan penulis lepas ini memiliki brand lokal busana anak, Biels.

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia