Fakta Tentang Air Oksigen

Variasi air minum dalam kemasan yang diklaim mengandung oksigen sempat menghebohkan beberapa tahun lalu. Pro-kontra bermunculan terhadap air beroksigen ini. Oksigen memang bisa larut dalam air. Kandungan oksigen dalam air dipengaruhi berbagai faktor, antara lain suhu dan tekanan udara. Semakin rendah suhu air, kandungan oksigen yang terkandung dalam air juga semakin besar. Itulah sebabnya kita sering merasa lebih segar ketika minum air es atau air dingin.

Sedangkan air oksigen dalam kemasan sesungguhnya adalah air murni yang diberi tambahan oksigen dengan cara memberikan tekanan dan suhu tertentu. Namun, oksigen dalam air tidak bisa bertahan lama, karena itu sebaiknya jangan terlalu lama menyimpan air beroksigen, karena oksigen bisa menembus botol kemasan plastik (polimer) yang berpori halus sekali pun. Kan, sayang, kalau akhirnya air beroksigen yang Anda beli dengan harga yang relatif mahal jadi air biasa lagi.

Beberapa ahli meyakini manfaat air beroksigen yang mampu meningkatkan kesehatan kulit, bahkan mengurangi kerut. Namun, seorang dokter bedah klinis Amerika Serikat, Arthur Perry, MD, FACS, menyebutkan, 1 helaan napas kita mengandung jauh lebih banyak oksigen dibanding 1 botol air kemasan beroksigen.

Ahli lain mengatakan, pada manusia oksigen hanya bisa diserap oleh paru-paru. Sehingga air oksigen tidak akan memberi manfaat lebih. Tetapi, ada juga ahli nutrisi lain yang mengadakan penelitian terhadap air beroksigen yang berpendapat, dalam keadaan hipoksia (kekurangan oksigen), tubuh manusia mampu menangkap oksigen dari pencernaan secara difusi. Sehingga air beroksigen sedikit banyak memiliki manfaat bagi tubuh. Setidaknya, air beroksigen umumnya dibuat melalui proses pemurnian sehingga bersih dan bebas dari  bahan-bahan kontaminan.

Untuk anak
:  Karena masih banyak terdapat silang pendapat terhadap manfaat minuman beroksigen, sebaiknya mama tidak terlalu menggantungkan kesehatan si kecil semata-mata terhadap air minum ini. Anggap saja air beroksigen seperti air minum yang mengalami proses pemurnian, seperti air distilasi atau reverse osmosis. Sesekali diberikan kepada si kecil tidak masalah.


 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia