Jajanan Pinggir Jakarta

Soto Ceker Pak Gendut
Jl. Sabang
Sarinah
Jakarta Pusat
Telp. 08561260492


Ingin menikmati semangkuk soto yang nikmat? Coba ajak si kecil pergi ke daerah Sabang. Di Sabang memang terdapat banyak sekali penjual makanan, mulai dari restoran, cafe, kedai, hingga warung-warung tenda. Soto Pak Gendut buka di dua lokasi di Jalan Sabang. Pertama, di area Kompleks Kampung Kuliner Sabang yang buka dari pagi hingga malam. Lokasi kedua berupa warung tenda yang buka tepat di seberang resto American Grill, Sabang. Warung tenda ini baru mulai beroperasi sore hari selepas maghrib. Ada banyak pilihan soto yang dapat Mama nikmati bersama keluarga: soto ceker, soto ranjau, soto daging, soto ayam, soto babat, dan soto kikil. Menu andalan tentu saja soto ceker.


Lima buah ceker gendut yang berenang di kuah soto gurih berwarna kuning tentu terasa nikmat dimakan bersama sepiring nasi putih hangat. Nyam! Jika ingin mengajak si kecil, sebaiknya pergi ke lokasi pertama yang berada di Kompleks Kampung Kuliner. Bentuknya berupa kedai dan memiliki tempat cuci tangan.

Bubur Ayam Brebes Special Bang Jaya
Jl. Pesanggrahan no. 19
Puri Indah
Jakarta Barat
Telp. 081808460909

Berdiri sejak tahun 1999, Bubur Ayam Brebes Special Bang Jaya ini awalnya berbentuk warung tenda. Sejak lima tahun yang lalu usahanya semakin berkembang hingga akhirnya pindah ke kedai yang lokasinya tak jauh dari warung tenda. Bubur ini buka dua kali sehari yaitu pukul 07.00 - 11.30 dan pukul 16.00 - 23.30. Cocok dinikmati untuk sarapan karena mengenyangkan namun juga enak disantap di malam hari. Satu porsi bubur ayam khas Brebes disajikan dalam mangkuk besar.

Mama bisa memesan setengah porsi untuk si kecil. Sebenarnya isi bubur ayamnya mirip dengan bubur ayam lain, yaitu bubur dengan kaldu ayam, ayam suwir, kacang kedelai goreng, dan kerupuk serta emping. Tekstur buburnya tidak encer tapi juga tidak kental. Kaludnya berwarna kuning kecokelatan dengan rasa yang gurih tak terlalu asin. Bubur ayam Bang Jaya ini lebih nikmat disantap dengan tambahan sate. Ada beberapa pilihan sate yang ditawarkan: sate usus, sate ati ampela, sate telor puyuh, dan sate telor muda.
Saat malam hari, di sebelahnya terdapat penjual martabak dan sop buah.

Martabak Favourite
Jl. Balai Pustaka
Rawamangun
Jakarta Timur
Telp. 08161922336

Martabak Favourite Rawamangun memang sudah terkenal sejak dulu. Lokasinya tepat di depan Apotik Family. Martabak Favourite menjual martabak manis dan martabak telur. Harga seporsi martabak manis dengan isi campuran kacang, wijen, keju, dan cokelat adalah Rp 60.000. Cukup mahal untuk seporsi martabak pinggir jalan. Namun, jangan ragukan lagi soal rasa.

Martabak Favourite tak pernah pelit memberikan keju dan cokelat. Kulit martabaknya pun terasa enak karena menggunakan mentega Wijsman. Biasanya di saat akhir pekan, terlihat antrian di sekitar gerobak Martabak Favourite.

Rosewood Steak & Ribs

Apartemen WGP
Jl. Boulevard Kelapa Gading
Jakarta Utara

Terletak di pelataran parkir apartemen Wisma Gading Permai (WGP), Rosewood merupakan salah satu warung tenda legendaris yang telah ada sejak lama. Menu yang ditawarkan memang bertema western. Makan steak di warung tenda? Tenang saja, meski harga kakilima, namun rasa makanan di Rosewood tidak kalah enak dengan steak yang dijual di restoran. Coba pilih Sirloin Steak BBQ yang disajikan di atas hot plate dengan kentang goreng, irisan tomat, dan jagung manis.

Saus BBQ yang asam manis gurih membuat daging menjadi semakin lezat. Menu favorit lain yang harus Anda icipi adalah Chicken Cordon Bleu. Uniknya, keju yang biasanya ada di dalam ayam, justru diletakkan di atas.

Selain Rosewood, banyak sekali warung-warung tenda berjejeran di apartemen WGP, mulai makanan Jepang, makanan Jawa, makanan Thailand, seafood, makanan Sunda, dan masih banyak lagi.

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia