Keliling Jakarta Naik Bus Wisata

Tak perlu lagi melirik negara tetangga. Di Jakarta, Anda bisa ajak anak keliling kota naik bus wisata. Tampilan busnya pun tak kalah keren.

Untuk naik Bus City Tour Jakarta yang punya nama panggilan ‘Mpok Siti’, Anda bisa menunggu di halte-halte yang bergambar bis tingkat dan bertuliskan City Tour.

Lokasinya? Ada di halte Bundaran Hotel Indonesia, Museum Nasional, Pecenongan, Pasar Baru, Masjid Istiqlal, Monas 1, Monas 2, Balai Kota, dan Sarinah.

Tahun lalu, bis 2 tingkat ini beroperasi setiap hari, dengan jam operasional pukul 09.00 – 19.00 pada hari Senin – Sabtu, serta pukul 12.00 – 19.00 pada hari Minggu. Tapi, sejak diberlakukan aturan kendaraan roda 2 dilarang masuk jalur protokol (termasuk Jl. M.H. Thamrin yang menjadi rute bis wisata) di hari kerja, Mpok Siti beralih fungsi menjadi feeder bagi para pengendara motor yang ingin menuju ke jalur protokol tersebut. Di akhir pekan, Mpok Siti kembali ke fungsi awalnya sebagai bis wisata.

Ingin mengajak anak merasakan asyiknya keliling Jakarta naik Mpok Siti? Karena bis ini memiliki kursi yang terbatas sementara penumpang tidak boleh berdiri, sebaiknya Anda menghindari naik di halte-halte yang ramai, seperti halte Museum Nasional dan Monas.
Agar lebih leluasa menikmati pemandangan kota Jakarta, jika memungkinkan, pilihlah tempat duduk di atas. Banyak bangunan dan monumen bersejarah yang bisa Anda amati lebih jelas, seperti Patung Bundaran Hotel Indonesia, pusat perbelanjaan Sarinah, Museum Nasional, sekolah Santa Maria, Pasar Baru, Gedung Kesenian Jakarta, Masjid Istiqlal, Gereja Katedral, Istana Merdeka, Monas, serta Gedung Balaikota.

Memang, sih, tak ada lagi pemandu wisata (tour guide) yang akan menjelaskan sejarah setiap gedung dan monumen yang dilewati. Tapi, setidaknya, pengalaman berkeliling kota Jakarta dengan bis tingkat yang (masih) gratis hingga awal tahun ini, pasti sangat berkesan buat anak.

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia