Memilih Mobil Keluarga

Jika membeli mobil untuk diri sendiri, Anda bisa bersikap egois dan ‘sembrono’. Namun, saat memilih mobil untuk keluarga, banyak hal yang harus diperhitungkan.

Entah sedang mencari mobil keluarga untuk pertama kali atau membeli mobil ke tiga karena anggota keluarga Anda bertambah besar, selalu ada perubahan pada jenis mobil keluarga yang ada di pasaran. Mencari mobil yang tepat bukan hanya perkara jumlah kursi yang tersedia untuk masing-masing anggota keluarga. Banyak hal penting lainnya yang harus Anda perhitungkan, yaitu:

1. SESUAI BUDGET
Hal pertama yang tentu saja harus diperhatikan adalah besar budget yang bisa Anda alokasikan untuk membeli mobil keluarga. Dengan menentukan angka yang pasti, Anda lebih mudah untuk memutuskan apakah membeli mobil baru atau menyicilnya atau membeli mobil bekas yang masih bagus kondisinya.

2. AMAN
Tak ada yang lebih penting dari keselamatan keluarga Anda. Lakukan survey atau cari informasi lewat brosur atau internet untuk mencari mobil mana yang memiliki tingkat keselamatan paling baik. Biasanya mobil-mobil keluaran terbaru memiliki standar keselamatan yang lebih baik dan fitur keselamatan lebih lengkap.
 
3. IRIT BENSIN
Harga BBM sekarang ini begitu fluktuatif, melebihi mood si balita Anda. Bagi sebagian besar keluarga, mobil selalu digunakan untuk antar-jemput si kecil sekolah, pergi ke kantor, pergi berlibur, belanja dan sebagainya. Oleh karena itu, saat memilih mobil keluarga, sebaiknya pastikan mobil pilihan keluarga Anda ini irit bahan bakar sehingga tak menguras uang belanja bulanan Anda, Ma.

4. KAPASITAS BESAR
Untuk keluarga muda yang baru mempunyai satu anak, membeli sebuah mobil kecil tidak terlalu masalah. Namun, bagaimana nanti jika jumlah anggota keluarga bertambah dan anak-anak semakin besar? Tentunya Anda harus memikirkan kenyamanan seluruh anggota keluarga saat berada di dalam mobil.

5. MODEL KEREN
Meski Anda ingin seluruh keluarga bisa merasa nyaman saat bepergian naik mobil, bukan berarti penampilan mobil tidak penting. Perhatikan juga model mobil yang Anda pilih sehingga terlihat cukup keren saat terpakir di tempat umum.

Foto: Getty Images

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia