Rancang Anggaran Liburan Keluarga

Bagaimana  menyiasati liburan tanpa harus merogoh dana ekstra yang bikin Anda pusing kepala? Berikut beberapa tip “Smart Holiday” dari Ligwina Hananto, untuk mewujudkan liburan impian tanpa menimbulkan ’beban’ keuangan.

1. Buatlah rencana destinasi liburan impian, entah sekadar ke Bandung, Yogyakarta, atau ke Kuala Lumpur. Tetapkan kapan Anda akan melakukan liburan itu, apakah 6 bulan atau 3 tahun lagi.

2. Cobalah berburu informasi tentang tujuan berlibur pilihan Anda, mulai dari harga tiket hingga biaya akomodasi. Jangan lupa menyiapkan dana belanja, baik hanya sekadar untuk  membeli cinderamata atau menambah koleksi tas dan sepatu.

3. Setelah mendapatkan perhitungan yang pas, mulailah membuat estimasi anggaran.  Tak ada salahnya, kan, menyisihkan sebagian uang per bulan agar bisa terpenuhi dana liburan tepat pada waktu yang telah ditetapkan.

4. Jangan lupa untuk mencari paket liburan pada masa low season atau penawaran dari kartu kredit, seperti beli 1 gratis 1, maupun paket promosi lainnya. 

5. Jika Anda masih memiliki utang yang perlu dibayar seperti utang kartu kredit, atau utang agunan kredit rumah, sepertinya kurang bijaksana untuk menikmati liburan yang butuh dana besar. 

Baiknya lunasi dulu utang-utang Anda, karena jika beban utang Anda sudah terlunasi pastinya Anda pasti akan merasa tenang. Sementara itu, cukup nikmati liburan ke tempat yang dekat-dekat saja. Liburan kan, tidak melulu harus jalan-jalan keluar kota?  Anda juga bisa merancang acara liburan di rumah, seperti barbeque-an atau menonton DVD bareng sambil memesan delivery pizza. Dijamin suasana pasti tak kalah seru!

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia