Anak Lelah, Tapi Tidak Mau Tidur

“Sebenarnya, anak tidak sengaja membuat kita marah dengan tidak tidur juga (padahal sudah sangat capek!),” kata Mary Sheedy Kurcinka, penulis buku Kids, Parents, and Power Struggles: Winning for a Lifetime.

"Perilaku yang bertentangan seperti ini sering terjadi karena anak masih merasa bingung membedakan apa yang dirasakan dengan apa yang dibutuhkannya. Dan, dia belum belajar bagaimana cara mengekspresikannya. Nah, tugas orang tua adalah mencari tahu apa yang sebenarnya dirasakan dan dibutuhkan anak, lalu membantunyamengatasinya.”

Cara yang paling umum dilakukan adalah membiarkan dirinya capek.

Ketika tubuh anak ‘meminta’ istirahat, yang terjadi adalah ada desakan dari adrenalin untuk segera dilampiaskan. Nah, menambahkan aktivitas dalam rutinitas sehari-harinya bisa membantu menyelesaikan masalah.

Jadi, ‘obat’ dari energi yang berlebihan ini bukan menggeser waktu tidurnya hingga lebih larut, namun justru ini merupakan sinyal kalau anak harus tidur lebih cepat. Jadi, tetap disiplin pada jadwal tidur yang sudah ditentukan, meski anak masih saja melek.

“Anak berkembang sesuai bentuk yang Anda inginkan. Tentu saja, sesekali terlihat sedikit perlawanan. "Nah, waktu tidur yang teratur akan membuat tubuh mengetahui kalau inilah saat untuk tidur," kata Kurcinka

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia