Anak Suka Pilih-pilih Makanan

Saat anak menginjak usia balita, mereka mulai rewel dalam memilih dan menentukan makanan mana yang mereka inginkan. Tidak seperti saat mereka masih bayi, dimana bayi memakan apa saja yang Anda berikan padanya.

Anak yang suka pilih-pilih makanan atau picky eater akan selalu mecari kegiatan lain untuk menghindari menu makanan yang tidak mereka sukai. Biasanya, anak-anak yang pilih-pilih makanan menganggap bahwa, sayuran adalah makanan yang mengerikan karena tidak enak di lidah mereka. Ada juga anak-anak yang tidak menyukai beberapa jenis buah-buahan. Padahal, zat-zat yang terkandung di dalam sayuran dan buah-buahan sangat berguna bagi tumbuh kembang dan kesehatan mereka.

Oleh sebab itu, orangtua tidak bisa menyerah begitu saja dan membiarkan anak memilih makanan yang ingin dia makan sesukanya. Mama harus tetap berusaha memberikan anak makanan sehat seperti sayuran dan buah-buahan sejak dini, sehingga anak terbiasa makan makanan sehat sampai ia dewasa.

Menurut penelitian, Mama perlu mencoba memberikan satu jenis makanan sebanyak 10 kali hingga anak menyukainya. Mama bisa menyiapkannya dalam porsi kecil saja. Jika belum berhasil, tetap coba terus tanpa keributan dan paksaan ya, Ma.

Jangan lupa untuk selalu memberi pengertian juga pada anak, bahwa sayuran dan buah-buahan sangat berguna bagi kesehatannya, bukan hanya saat ini, tapi juga di masa yang akan datang.

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia