Anak Takut Mandi

Tanya:
Anak saya (15 bulan) sangat suka berada di dalam dan sekitar air, serta biasanya menikmati saat mandi. Entah mengapa belakangan ini ia merasa takut pada air, bahkan menolak dekat-dekat dengan bathtub. Apa solusinya?

Jawab:
Menurut Dr. William Sears, pengasuh Ask Dr. Sears di www.parenting.com, “Si kecil mendadak takut air adalah contoh lain dari banyak hal yang tidak bisa dijelaskan dan mungkin sedikit aneh, namun akan menghilang pada masa kanak-kanak. Hal ini wajar-wajar terjadi, kok.

Walau Anda mungkin tidak pernah tahu apa yang sebenarnya menjadi pemicu, hal ini sebenarnya cara dia membangun awareness terhadap lingkungan sekitarnya atau suatu perubahan dalam rutinitas keluarga.

Ketika salah satu anak Dr. Sears mengalami hal ini, akhirnya ia melacak asal usulnya dan menemukan bahwa penyebab ketakutan  anak adalah karena ia selalu membayangkan dirinya ‘tersedot’ dalam saluran air bathtub. Kabar baiknya, seiring bertambahnya waktu dan kematangan diri, ketakutan anak Anda akan berlalu, kok.

Dan, kecuali untuk area diaper, kebanyakan anak usia 15 bulan, tidak sebegitunya menjadi cepat kotor. Jadi, tenang-tenang saja, ya, Ma!

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia