Cara Hindari Pertengkaran Kakak Adik

Sebenarnya, sibling aggression, yang dikenal dengan persaingan atau pertengkaran kakak adik bisa hindari. Nah, berikut berbagai hal yang bisa dilakukan:

- Introspeksi diri. Lihatlah apakah hubungan antara Anda dan pasangan sudah kompak atau belum.

- Buat kesepakatan tentang berbagai hal yang akan dilakukan pada anak. Dan, kesepakatan ini berlaku sama untuk setiap anak.

- Berikan perhatian yang sama besarnya sesuai kebutuhan dan usia anak. Misalnya, anak sudah bisa berjalan, sedangkan adik lagi belajar jalan. Karena belajar jalan, mau tidak mau harus digandeng. Anda tidak mungkin menggandeng keduanya. Solusinya? Bagi-bagi tugas dengan pasangan. Jadi, kakak tetap merasa disayang dan diperhatikan.

- Melakukan intervensi begitu terlihat adanya kecenderungan terjadi bahaya. Misalnya, dengan mengajakanya ngobrol untuk menemukan solusi terbaik.

- Jika berada di rumah, orang tua harus memberikan perhatian pada anak secara total. Jangan menambahkan me time lagi. Bila anak sudah tidur, jangan lupa luangkan juga waktu untuk membangun dan memelihara keharmonisan hubungan antar pasangan. Bagaimana pun, hal ini akan menjadi fondasi yang kuat untuk membangun hubungan dengan anak. Jadi, manfaatkan waktu seoptimal mungkin.

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia