Kuku Kaki Anak Bikin Sakit

Kalau Anda melihat kaos kaki anak sudah terlalu kecil, atau dia mengeluh sepatunya  kesempitan, buru-buru ganti, ya. Pasalnya, ini bisa menjadi salah satu penyebab kuku kakinya tumbuh ke dalam dan menyebabkan infeksi. Nah, kalau ini sudah terjadi, jarinya bisa terasa nyeri disertai nanah yang keluar dari pinggiran kuku.

Kuku kaki tumbuh ke dalam bisa juga terjadi jika kuku tidak tumbuh lurus, melainkan masuk ke dalam jari. Biasanya, terjadi pada ibu jari dan menyebabkan nyeri. Walaupun begitu, ini tidak berbahaya. Tapi, Mama perlu segera menolongnya. Bagaimana caranya?

Menurut dr. Miriam Stoppard dalam buku Perawatan Bayi dan Anak, pertama, periksa apakah kuku kaki menembus kulit. Lalu ujung kuku kaki digunting berbentuk ‘V’ untuk mengurangi tekanan pada pinggiran kuku.

Oleskan krim antiseptik untuk mencehah infeksi. Jika jarinya merah dan bernanah baringkan si kecil dengan kaki sedikit diangkat, bungkus jari dengan kasa steril. Kalau kondisi ini sering kambuh, sebaiknya bawa si kecil ke dokter.  
 
Potong kuku yang benar adalah lurus, jangan terlalu pendek. Jika kuku sudah terinfeksi, jangan memakai kaos kaki dulu. Sebaiknya memakai sandal atau sepatu sandal.

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia