Trik Atasi Anak Takut Mandi

Agar anak tak lagi takut mandi, ini yang bisa Anda lakukan.

- Siapkan mainan khusus. Isi bathtub dengan air hangat dan mainan air favoritnya. Biarkan bayi asyik memainkannya dari luar bathtub (tentunya, di bawah pengawasan Anda, ya!). Mungkin saja, ia tidak ingin langsung cemplung ke dalam air, namun paling tidak ia mau bermain dengan berbagai mainannya. Pisahkan beberapa mainan yang hanya boleh dimainkan saat mandi saja, ya.

- Saatnya mandi berdua. Minta bantuan pasangan untuk memegang si kecil sementara Anda masuk ke dalam air dan bermain dengan mainannya. Tunjukkan bahwa Anda sangat senang bermain dengan mainan si kecil. Tiup gelembung-gelembung dan cipratkan air di sana-sini. Lama kelamaan ia pasti tertarik untuk bergabung. Begitu ia menunjukkan rasa tertarik, minta pasangan untuk mengoper anak. Minimalkan acara bersih-bersih hingga ia terbiasa dan berpikir kalau acara mandi benar-benar menyenangkan.

- Pijat ketimbang mandi. Biasakan anak dipijat di dalam dan luar bathtub. Selain membuat rileks, latihan kontak kulit-ke-kulit ini juga merupakan salah satu cara untuk menjalin kelekatan dengan dirinya (bonding). Bila anak suka dipijat, mandikan dengan usapan yang lembut dan panjang. Dengan begitu, ia merasa dipijat basah dan bukan mandi.

- Ubah rutinitas menjadi ritual. Jadikan acara mandi sebagai ritual harian, seperti mandi diikuti pijat, mendongeng, dan saling berpelukan sebelum tidur. Bisa jadi, dia tidak terlalu suka mandi. Tapi, begitu mengetahui bahwa ini adalah bagian dari ritual menjelang tidur malam, si kecil pasti menerimanya. Toh, ia akan dipijat dan mendengar dongeng nantinya.

- Gunakan ‘bathtub’ yang berbeda. Mungkin saja, bayi Anda mulai bosan dengan bathtub-nya. Coba mandikan dia di ember khusus dan mandikan di halaman belakang rumah atau mandikan dia di bawah shower.

- Daftarkan masuk kelas renang. Mengajak anak bermain air di kolam renang adalah langkah besar untuk membuatnya kembali ke bathtub. Begitu ia belajar bagaimana serunya bermain (lagi) di sekitar air, rasa takutnya pada mandi pasti langsung hilang.

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia