Baked Rice Apple

Waktu memasak: 60 menit
Hasil: 3 porsi


Bahan:
3 buah apel (Red Delicious Apple)
2 sdm minyak zaitun
1 siung bawang putih, cincang
½ buah bawang bombay, cincang halus
150 g daging sapi cincang
75 g jamur kancing segar, iris tipis
½ sdt garam
½ sdt merica
2 cup nasi matang
2 sdt daun sage segar, cincang
1 ½ sdm kismis, rendam air, tiriskan
250 ml jus apel
100 g keju cheddar leleh


Cara Membuat:
1. Cuci bersih apel. Potong bagian atas apel untuk digunakan sebagai tutup. Buat lubang pada bagain tengah apel dengan mengeruk ½ bagian isi daging dan bijinya. Sisihkan.
2. Panaskan minyak, tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum. Masukkan daging cincang lalu tumis hingga daging berubah warna dan matang. Tambahkan potongan jamur, tumis hingga layu. Masukkan daun sage, aduk rata.
3. Tambahkan nasi, bubuhi garam, merica, dan kismis. Aduk hingga rata. Angkat, lalu sisihkan.
4. Isi bagian tengah apel dengan nasi yang sudah dibumbui. Siapkan pinggan tahan panas. Atur apel dalam pinggan, tuangkan jus apel ke dalam pinggan. Tutup permukaan pinggan dengan kertas alumunium.
5. Panggang dalam oven panas bersuhu 180 derajat Celcius selama 30 - 40 menit hingga apel empuk. Angkat, taburi permukaan apel dengan keju cheddar, panggang kembali hingga keju meleleh. Angkat.
6. Biarkan apel hingga agak hangat. Sajikan.


• Ada beragam jenis apel yang sering kita jumpai. Beberapa di antaranya: apel Renette dengan bentuk tidak teratur berwarna merah dan hijau, banyak digunakan untuk pie apel dan kue berbahan apel; apel Granny Smith berwarna hijau, kaya akan magnesium dan renyah saat digigit, banyak dipakai untuk campuran masakan; apel Stark Delicious berwarna merah, bertekstur halus, hampir berpasir dan kaya akan zat karoten; apel Fuji berbentuk bulat berwarna merah terang dengan rasa manis karena kandungan fruktosa dan cukup renyah; apel Braeburn memiliki warna kulit merah gelap, renyah, rasa cukup manis; apel Red Delicious berkulit merah, dengan kandungan zat triterpenoid yang dapat mencegah timbulnya kanker.

An apple a day keeps the doctor away! Memang dalam sepotong apel terkandung banyak vitamin yang serbaguna untuk kesehatan. Apel dapat mengontrol kolesterol dalam tubuh untuk mengurangi risiko terkena penyakit jantung, darah tinggi, dan diabetes. Kulit apel mengandung zat penangkal radikal bebas, jadi paling baik mengonsumsi apel beserta kulitnya. Pastikan apel sudah dicuci bersih untuk menghilangkan lapisan lilin yang terdapat pada permukaan apel.

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia