Kacang Panjang Serani

Waktu memasak: 60 menit
Hasil: 4-6 porsi


Bahan:
250 g daging agak berlemak/sandung lamur
2.000 ml air, untuk merebus
3 sdt garam
4 sdm minyak goreng
5 cm kunyit, bakar, memarkan
3 cm jahe, memarkan
2 cm lengkuas, memarkan
3 batang serai, memarkan
6 lembar daun jeruk
5 siung bawang putih, iris tipis
12 butir bawang merah, iris tipis
300 g kacang panjang, potong-potong 4 cm
5 buah belimbing sayur


Cara membuat:
1. Rebus daging dalam air bersama garam hingga daging empuk, angkat. Ukur kaldunya sebanyak 1.600 ml. Iris daging kecil-kecil, masukkan kembali ke dalam panci kaldu. Jerang di atas api.
2. Panaskan minyak goreng dalam wajan, masukkan kunyit, jahe, lengkuas, serai dan daun jeruk, aduk hingga bahan layu, angkat.
3. Masukkan bumbu tumis ke dalam panci daging, didihkan. Setelah itu masukkan bawang putih dan bawang merah iris. Masak hingga bumbu matang.
4. Masukkan kacang panjang dan belimbing sayur, teruskan hingga seluruh bahan matang, angkat.


• Selain menghasilkan aroma, rasa dan warna yang khas, rempah bermanfaat untuk mengurangi gangguan pencernaan. Poin plus lain, dapat mengurangi pemakaian garam karena masakan sudah 'kaya' rasa.
• Makin hijau sayuran, makin banyak vitaminnya. Seperti kacang panjang yang mengandung vitamin A, D, E, K, betakaroten, B1 dan B2. Manfaatnya juga cukup banyak, di antaranya bantu kendalikan kadar gula darah dan hipertensi, mengurangi resiko stroke dan serangan jantung.  
• Vitamin dalam sayuran rata-rata larut dalam lemak. Jadi tidak perlu terlalu lama saat menumis dengan minyak atau merebus. Pastikan sayur masih berwarna hijau, segar dan renyah supaya vitamin tidak hilang.

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia