Kuah Bakso Uter

Waktu memasak: 45 menit
Hasil: 4-6 porsi


Bahan:
Rolade
400 g udang jerbung
100 g fillet ikan tenggiri
2 siung bawang putih, haluskan
½ sdt merica bubuk
1 sdt garam
1 sdt kaldu ayam bubuk
1 sdm tepung maizena
4 butir telur
½ sdm air


Kuah sayuran
1 sdm minyak goreng
3 siung bawang putih, memarkan
2 cm jahe, memarkan
1.000 ml kaldu
100 g wortel, iris tipis serong
2 lembar daun kol, iris 3x3 cm
50 g kapri muda, buang ujungnya
2 batang seledri, iris 2 cm
3 sdt garam
1 sdt merica bubuk
1 sdm bawang goreng untuk taburan


Cara membuat:
1. Rolade: Kupas udang, cincang halus. Cincang fillet ikan. Campur udang dan ikan cincang bersama bawang putih, merica, garam, kaldu bubuk dan tepung maizena, aduk hingga tercampur rata. Bagi adonan menjadi 4 bagian, sisihkan.
2. Kocok telur, tambahkan air, aduk rata. Lalu, buatlah dadar tipis sebanyak 4 lembar di atas wajan dadar dengan mengoleskan sedikit minyak di wajan. Setelah matang, angkat.
3. Oleskan 1 bagian bahan rolade di atas selembar dadar, gulung dan padatkan. Bungkus masing-masing gulungan dengan selembar plastik.
4. Kukus selama 15 menit hingga matang, angkat. Sisihkan sampai dingin.
5. Kuah sayuran: Panaskan minyak dalam wajan, tumis bawang putih dan jahe hingga harum, angkat. Masukkan ke dalam panci berisi kaldu. Jerangkan panci kaldu di atas api, didihkan. Masukkan wortel, kol dan kapri. Tambahkan seledri, garam dan merica, masak hingga matang.
6.    Lepaskan gulungan udang dari pembungkusnya, iris menyerong setebal 1 cm kemudian masukkan ke dalam kuah sayuran. Hidangkan selagi panas dengan menaburkan bawang goreng.


• Pilah-pilih fillet ikan. Fillet ikan yang segar memiliki aroma yang tidak terlalu amis. Daging lembap dan kenyal, berwarna jernih, tanpa warna kecokelatan di tepinya. Untuk fillet dalam kemasan, pastikan kemasannya tertutup rapat dan tidak rusak.  
•Udang segar memiliki kulit yang cerah dan bersinar tanpa bercak hitam. Saat ditekan, bagian kepala dan badan terasa keras dan tidak mengeluarkan cairan. Walaupun tidak busuk, udang yang bewarna kehitaman menandakan kesegarannya sudah berkurang.

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia