5 Tip Hemat Peralatan Sekolah

Ajak anak berhemat sejak kecil dan memulainya dengan urusan perlengkapan sekolah. Tip dari berikut ini bisa Anda coba:

1. Buat inventarisasi
Lakukan semacam inventarisasi setiap akhir tahun ajaran sekolah. Pilih mana yang masih bagus dan bisa dipakai lagi, mana yang harus dibuang, dan mana yang perlu beli baru sebagai pengganti yang lama. Yang lebih penting adalah ‘menahan diri’ untuk tidak tergoda membeli apa yang masih bagus di rumah hanya karena tertarik melihat bentuk peralatan sekolahnya lucu, atau gambar karakternya yang pasti disukai anak,” katanya.

2. Miliki tempat penyimpanan yang baik
Sediakan lemari khusus untuk menyimpan beragam perlengkapan sekolah – terutama pernak-pernik yang kecil-kecil, seperti gunting, penggaris, pensil, rautan, dan sebagainya. Minta anak memeriksa lemari itu secara berkala dan bila ia melihat benda-benda di situ rata-rata masih bagus kondisinya dan masih bisa dipakai lagi di tahun ajaran yang baru, ia tidak akan membeli yang baru.

3. Cobalah untuk kreatif
Siapa bilang krayon-krayon yang sudah patah tak bisa lagi digunakan? Kalau ukurannya sudah terlalu pendek untuk digenggam, Anda bisa menambahkan kertas yang digulung dan diselotip di ujung krayon-krayon tersebut supaya jadi lebih mudah dipegang. Agar lebih menarik, Anda bisa menggunakan kertas warna-warni sebagai gagang.

4. Beri label
Beri label di peralatan sekolah anak, agar ia tidak mudah menghilangkan barang-barang tersebut.

5. Libatkan anak-anak
Upaya penghematan itu tentu saja tidak bisa Anda lakukan sendirian, Ma. Anak pun harus tahu dan berperan serta. Ajak anak terlibat dalam setiap upaya penghematan yang ia lakukan. Ia menjelaskan hal ini dalam bahasa yang sederhana agar lebih mudah dimengerti , dan mengajak lebih berhati-hati dengan barang-barangnya agar tak mudah hilang atau rusak.

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia