6 Aktivitas Seru Tanpa TV

Liburan sekolah anak sudah dimulai. Jangan biarkan si kecil terus menerus menghabiskan waktunya di depan televisi.

Selain acara televisi makin hari makin tidak ‘ramah’ pada anak-anak, si kecil juga jadi malas bergerak. Coba yuk, Ma, ajak anak Anda lakukan sejumlah kegiatan menyenangkan tanpa televisi.

Inilah yang bisa dilakukan untuk mengalihkan keinginan si kecil menonton TV:

  • Bermain di luar rumah. Selain membuat anak menjadi lebih aktif dalam kegiatan fisik, bermain dapat merangsang anak lebih kreatif menciptakan permainan dengan peralatan sederhana dan mengenal lebih banyak permainan tradisional.
  • Berjalan-jalan. Jalan-jalan tidak selalu mengeluarkan uang. Kegiatan ini baik untuk tubuh karena bisa menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko berbagai penyakit. Ajak si kecil berjalan-jalan di sekitar kompleks rumah.
  • Ajak ke perpustakaan atau toko buku terdekat. Ajak anak mengenal buku, belajar membaca buku dan terbiasa dengan kegiatan membaca. Berikan buku sebagai hadiah dan sediakan banyak buku, serta buatlah perpustakaan kecil di rumah.
  • Berenang. Aktivitas ini termasuk salah satu olahraga fisik yang disukai anak. Hampir semua anak suka bermain air.
  • Bersepeda. Kalau dilakukan sendiri, mungkin bisa membosankan. Tapi cobalah bersepeda pagi atau sore bersama seluruh keluarga. Murah dan menyehatkan!
  • Membuat keterampilan tangan. Manfaatkan semua benda tak terpakai di rumah. Ajak anak-anak untuk membuat kartu ucapan atau pembatas buku dari potongan gambar-gambar di koran/majalah bekas.

Baca juga: Olahraga untuk Anak di Bawah 6 Tahun

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia