Adik Sering Ganggu Kakak, Ini Solusinya!

Anak laki-laki biasanya lebih agresif dibanding anak perempuan. Apalagi kalau ada pemicu, seperti ingin meniru gerakan-gerakan tokoh favoritnya, ingin cari perhatian, atau ingin mengekspresikan emosi. Menghadapi sikap seperti ini, orang tua perlu menegur, tapi tak perlu memarahi dengan mencubit atau memberi pukulan juga. “Tidak boleh seperti itu, Sayang. Memukul tidak bisa dibenarkan. Sebaiknya kamu minta maaf pada kakakmu.”


Cara lain adalah memberinya time out. Ini bukan hukuman untuknya, tapi kesempat-an untuk menenangkan diri dan berpikir ulang atas perbuatannya. Biarkan ia benar-benar sendiri ketika time out berlangsung dan jangan mengganggunya dengan ‘ceramah’ panjang lebar. Anda bisa mengajaknya bicara setelah time out selesai.


Jelaskan padanya, gerakan-gerakan tokoh favoritnya hanya imajinasi yang dituangkan dalam film. Tidak sepantasnya ia meniru, apalagi menggunakannya untuk menyakiti orang lain. Sementara itu, introspeksi juga diri Anda: Apakah selama ini Anda pernah melayangkan pukulan untuk meluapkan emosi atau menegakkan disiplin. Bila 'ya' sudah saatnya Anda memperbaiki diri untuk menjadi contoh yang lebih baik untuknya.


 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia