Agar Anak Lancar Baca-Tulis

Beberapa tips berikut akan membantunya lancar baca-tulis.

- Latihan jari lincah.  Tebarkan beras atau tepung di atas nampan atau loyang kue dan biarkan anak ‘menulis’ huruf serta kata di atas beras. Mintalah ia meneriakkan setiap huruf yang ia tulis, saran Stephanie Sturgeon, guru dan mama dua anak dari Noblesville, AS.

- Gunakan gambar.  Anda bisa membeli kartu indeks untuk belajar membaca di toko buku, atau  membuat sendiri di rumah. Pada kartu, tempelkan foto dan huruf pertama dari kata yang harus dieja anak. Lalu, tuliskan ejaan secara lengkap di balik kartu. Perlihatkan gambar pada anak Anda dan minta ia mengeja nama benda tersebut. Jika masih belum benar, ajak ia menuliskan ejaan yang benar di whiteboard dan eja keras-keras kosakata tersebut.

- Rekam saja.  Ajari anak Anda merekam suaranya sambil menyebutkan kata-kata yang harus dieja, dengan jeda agak panjang antar kata. Setelah rekaman selesai, putar ulang, lalu saat jeda antar kata, minta ia menuliskan kata yang baru saja terdengar. Kemudian, Anda bisa memeriksa hasil kerja anak. 

- Tebarkan post-it.  Untuk memperkaya kosakata anak, tuliskan kata-kata baru yang sulit dieja di kertas post-it warna-warni dan tempelkan di seputar rumah - di pintu kulkas, cermin, pintu kamar tidur, pintu lemari - demikian saran Joan Rooney seorang mama dari Boston, AS dan wakil direktur Tutor Management. 


 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia