Agar Anak Mudah Bergaul

Mungkin Anda pernah mengalami situasi berikut, Sebagai anak tunggal, anak Anda nyaris sempurna. Ia cantik, pintar dan tidak banyak tingkah. Masalahnya, anak Anda jarang bergaul. Bagaimana caranya agar ia lebih 'gaul'?


Menjadi anak tunggal memang ada untungnya, tapi ada juga ruginya. Biasanya, anak tunggal lebih individualis, karena terbiasa bermain sendiri. Tak heran, kalau ia bisa asyik sendirian, meski tak ada teman atau orang lain yang menemani. Agar ia bisa lebih menikmati pergaulan sosial dan memiliki banyak teman, coba lakukan saran berikut:

- Ajak teman-temannya bermain di rumah sesekali. Anda juga bisa meminta sepupunya untuk menginap di rumah pada akhir pekan, atau mengizinkan ia menginap di rumah nenek bersama para sepupunya ketika liburan sekolah tiba. 


- Dukung dia untuk mengikuti kegiatan sekolah yang mengasah kemampuannya berorganisasi. Kegiatan dalam organisasi tersebut akan melatih anak Anda untuk berinteraksi dengan orang lain dan mengasah kemampuannya bersosialisasi.


Bila saran-saran tersebut sudah Anda lakukan dan tampaknya ia tetap lebih senang sendiri, tak usah terlalu khawatir, Ma. Banyak pengarang berbakat justru membutuhkan banyak waktu untuk sendiri. Asalkan anak tak mengalami kesulitan saat harus bersosialisasi dan berinteraksi dengan orang lain, terima saja ia apa adanya.  


 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia