Agar Anak Suka Olahraga

Agar anak suka olahraga ini yang bisa Mama lakukan:

1. Jangan memaksakan. Dalam rangka menyemangati anak, kadang para mama jadi terlalu ambisius dan akhirnya memaksakan. Belum lagi bila anak terjebak berbagai aktivitas yang melelahkan. Santai aja, Ma. Fokus pada satu atau dua olahraga yang memang mereka sukai.

2. Biarkan anak memilih. Ajak mereka mengobservasi beberapa olahraga, misalkan 5 cabang olahraga, dan persilakan mereka memilih. Pastikan mereka berjanji untuk berkomitmen, jangan sampai baru dua kali berlatih langsung minta berhenti. Dengan memilih jenis olahraga yang memang mereka sukai, saat mereka bosan atau mendapat tantangan, Mama bisa mengingatkan mereka bahwa itu memang pilihan mereka.

3. Riset, riset, riset. Karena itu, sangat penting buat Mama untuk lebih dahulu membuat semacam riset kecil-kecilan, baik soal manfaat, lokasi dan waktu, termasuk apakah Mama mampu secara finansial membiayai les olahraga tersebut secara berkesinambungan.

4. Berpikir strategis untuk masa depan. Banyak cabang olahraga menjanjikan masa depan yang cerah, misalkan beasiswa bagi anak yang berprestasi di bidang olahraga karate. Meskipun jangan dijadikan beban, tak ada salahnya memberi pengertian pada anak bahwa prestasinya di bidang olahraga bisa sangat berguna di kemudian hari.

5. Jangan membanding-bandingkan. “Nak, temanmu Lucy itu berenangnya sudah gaya kupu-kupu padahal baru berlatih dua bulan. Kamu kok gaya bebas aja masih belum beres, sih?” Setiap anak berbeda, mengalami perkembangan yang berbeda. Yang penting pastikan saja anak Mama benar-benar berusaha keras dan giat berlatih.

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia