Agar Penglihatan Anak Sehat

Sebuah studi di Australia menemukan bahwa 1 dari 16 anak usia pra-sekolah mempunyai masalah penglihatan. Masalah yang paling umum adalah astigmatisma (mata silindris), rabun jauh, dan amblyopia atau ‘mata malas’.

Hasil penelitian tersebut menegaskan pentingnya deteksi dini dan tindakan untuk mengoreksi masalah penglihatan sedini mungkin agar saat masuk sekolah anak memiliki sepasang mata sehat, demikian saran para peneliti yang dimuat dalam jurnal Ophthalmology.

 “Pada usia dini, masalah penglihatan yang ringan masih mudah diperbaiki, misalnya dengan penggunaan kacamata. Tapi jika masalah dibiarkan, bisa jadi sudah tidak bisa diperbaiki saat anak lebih besar. Apalagi jika masalah penglihatan cukup berat, kemungkinan besar justru akan bertambah parah,” ujar Dr.Rohit Varma, salah satu peneliti dari University of Southern California, AS.

Anak mengalami masalah penglihatan karena berbagai sebab, “Beberapa di antaranya merupakan faktor genetik, dan kemungkinan dipengaruhi juga oleh faktor lingkungan,” ujar Dr. Michael Repka dari Wilmer Eye Institute Johns Hopkins., Baltime, Maryland, AS.

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia