Ajari Anak Mandiri

Banyak orang tua yang ingin memanjakan anaknya agar anaknya merasa disayang. Adakah orang tua yang masih menyuapi anak Anda yang sudah hampir masuk SD? Atau masih harus mengumpulkan pakaian kotor di kamar si kakak yang sudah kelas 5 SD?

‘Melayani’ anak sebetulnya adalah hal yang baik, jika sesuai dengan aturannya. Jika anak sudah terlanjur dimanjakan oleh ‘pelayanan’ orang tua terhadapnya, maka Anda harus segera mengubah kebiasaan itu.

Tidak perlu terus memarahinya atau terlalu larut menyalahkan diri sendiri, Ma. “Tidak ada yang terlambat,” jelas Herdina. Ajak anak berbicara tentang apa yang sebaiknya diperbaiki dan sekarang adalah saatnya untuk memulai cara yang baru. Herdina menyarankan, “Ajari mereka dengan melibatkan pada aktivitas di area sekitarnya, misalnya menjemur handuk setelah digunakan, membereskan tempat tidurnya, mencuci peralatan makan sendiri, dsb.

Berikan konsekuensi negatif jika ia tidak mematuhi. Misalnya, jika ia tidak mencuci peralatan makannya sendiri, ia tidak akan menemukan piringnya karena masih kotor dan dan terongok di tempat cuci piring.

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia