Ajarkan Anak Meminta Maaf

Membuat pensil kakak patah, memukul teman karena tak mau berbagi mainan, menjatuhkan bedak mama ke lantai hingga berhamburan, duh… banyak hal dilakukan si kecil yang membuat ia harus minta maaf, kan? Tapi, ternyata tak semudah itu, lho, membuatnya minta maaf. Anak-anak yang pemalu dan lebih pendiam biasanya lebih mudah diajari meminta maaf. Sebaliknya, si pemberani yang lebih keras kepala mungkin lebih sulit bilang maaf.

Minta maaf memang pelajaran berharga yang harus dipelajari anak. Meski tampaknya sepele, minta maaf bukanlah sesuatu yang bisa dipelajari dalam waktu singkat. Anda mungkin bisa membuat anak berkata “maaf” pada temannya saat ini juga, tapi apakah ia menyadari arti maaf yang ia katakan? Lagi pula, minta maaf harus datang dari kesungguhan hati, kan? Karena itu, sebaiknya Anda tidak memaksa anak melakukannya kalau ia memang menolak. Memaksa minta maaf hanya akan membuatnya mengatakan sesuatu yang tidak tulus, sementara kelakuannya belum tentu berubah.

Lalu, bagaimana sebaiknya sikap orang tua agar anak bersedia minta maaf?

- Beritahu sikapnya yang keliru. Jelaskan dengan bahasa yang sederhana mengapa sikap itu keliru, dan bagaimana sikap yang seharusnya. Tanpa memahami bahwa sikapnya keliru, anak tidak akan merasa bersalah sehingga tidak merasa perlu minta maaf.

- Ajak ia bicara tentang perasaan dan empati. Ketika ia membuat temannya menangis, tunjukkan betapa yang ia lakukan telah membuat si teman sedih atau terluka sehingga menangis. Meminta maaf akan membuatnya mengerti, si teman bisa terhibur, dan ia sekaligus telah belajar bertanggung jawab terhadap apa yang ia lakukan.

- Tunjukkan Anda tetap mencintainya. Biarpun menegur, tunjukkan itu bukan karena Anda tidak menyayanginya, tapi karena sikapnya yang memang keliru. Justru karena sayang, Anda perlu menunjukkan padanya sikap yang baik yang harus ia lakukan.
Kunci untuk membuat ia mengerti mengapa harus minta maaf tetaplah komunikasi yang baik dari Anda. Jadi, buatlah ia mengerti dengan cara yang lembut dan penuh kesabaran.

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia