Ajarkan Anak Menendang Bola

Lucu sekali ulah Kevin (1,5) saat bermain bola. Bola itu dilemparkan ke atas, lalu ketika bola jatuh ia malah lari menjauh. Juga, bukannya ia yang mengejar bola, tapi justru ia yang dikejar bola. Beberapa kali ia terlihat coba menendang, namun tendangannya tak selalu tepat. Bola itu bergulir ke arah lain.

Menendang tampaknya memang hal yang mudah. Ternyata belum mudah dilakukan si kecil! Jadi, kemampuan apa yang ia perlukan untuk bisa menendang bola? Ini di antaranya:

- Koordinasi fisik.Ia perlu mengambil ancang-ancang, ‘membidik’ sasaran tendangan agar tidak meleset, menjaga keseimbangan tubuh, mengarahkan kekuatan di salah satu kaki untuk menendang, serta menggunakan kaki yang lain sebagai pijakan untuk bertumpu.

- Daya pikir untuk memahami sebab akibat. Kalau aku tendang bolanya, bola akan menggelinding. Jika tendangannya keras, bola bisa saja terpental  cukup tinggi. Bila bola membentur sesuatu, ia mungkin akan berbalik arah.

Itulah yang membuat Kevin berlari menjauh karena mengira bola itu akan terpental dan berbalik mengenainya setelah dilemparkan. Tapi, ia mungkin masih perlu waktu hingga koordinasi tubuhnya lebih baik untuk bisa melakukan tendangan jitu pada bolanya. Rasanya itu tak akan lama lagi kok, Ma!

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia