Alasan Tak Boleh Kurang Asupan Cairan

Kehilangan cairan dapat menimbulkan gangguan kognitif, mood dan gejala dehidrasi. Kehilangan cairan tubuh sebesar 1% disebut dehidrasi. Menurut penelitian di Perancis menunjukkan bahwa lebih dari 70% anak tidak cukup minum ketika berangkat ke sekolah pada pagi hari.

Ditandai dengan kulit kering, sakit kepala, dan rasa lelah. Minum cukup air sangat diperlukan supaya tubuh sehat. Air memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Tidak hanya berfungsi memuaskan dahaga. Ini dia manfaat minum air bagi tubuh:

1.    Menjaga organ-organ tubuh berfungsi normal

Setiap proses metabolisme dalam tubuh memerlukan air misalnya kontraksi otot atau proses biokimia di liver. Kekurangan air akan membuat aktivitas kimia tubuh berkurang. Jadi bisa membuat cepat lelah dan kurang energi untuk beraktivitas.

2.    Membuat merasa kenyang.

Minum segelas atau dua gelas air sebelum makan bisa membuat lebih mudah mengontrol porsi makan. Bukan berarti minum dulu lalu cuma makan setengah porsi ya. Hal itu akan membuat cepat lapar setelah makan. Jadi ketika minum sebelum makan hanya bisa mencegah makan dengan porsi berlebih.

3.    Membuang racun-racun dalam tubuh

Racun-racun dalam tubuh akan dibuang melalui keringat, urine dan feses. Dibutuhkan asupan cairan yang cukup agar ketiga proses berjalan dengan lancar. Perlu diketahui dehidrasi akan menyebabkan ginjal tak berfungsi maksimal dan racun-racun jadi susah dikeluarkan.

4.    Membantu anak berkeringat

Walaupun berkeringat itu kadang membuat tidak nyaman (terutama kalau baju terlihat basah di bagian ketiak) sebenarnya berkeringat sangatlah penting bagi tubuh. Karena bermanfaat mendinginkan dan mengatur suhu tubuh. Jika susah berkeringat, suhu tubuh akan meningkat dan mengganggu aktivitas.

5.    Tak membuat gemuk

Air mengandung nol kalori, tidak mahal, dan mudah didapat dibanding minuman lain seperti susu, soda, teh, atau kopi. Jadi minumlah setidaknya 8 gelas air per hari supaya tubuh menjadi lebih sehat dan segar.

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia