Anak Aman Menyeberang Jalan

Kapan anak siap menyeberang jalan sendiri? Saat usia sekolah dasar (mulai dari usia sekitar 5-6 tahun), atau tergantung dari keberanian dan tingkat keramaian jalan yang ia seberangi.

Anak-anak yang rumahnya terletak di tepi jalan raya biasanya sudah lebih terbiasa dengan situasi di jalan tersebut sehingga keterampilan menyeberang jalan mereka juga bisa berkembang sebelum usia tersebut.

Tanda anak siap menyeberang jalan sendiri, secara umum ia sudah memiliki kontrol impuls yang baik, cukup teliti untuk mengamati keadaan di sekelilingnya, sabar menunggu hingga jalan sudah sepi dan aman untuk diseberangi.

Agar aman, mulai ajarkan padanya dasar-dasar keamanan di jalan raya. Anda bisa menunjukkan padanya seperti apa zebra cross itu, jembatan penyeberangan, lampu lalu lintas, dan beberapa rambu lalu lintas lain yang paling umum.

“Saya selalu mengingatkan pada Riefki, 10, untuk mencari jembatan penyeberangan. Kalau tidak ada ya zebra cross. Tapi kalau tidak ada juga ya apa boleh buat. Saya minta ia memastikan agar selalu menengok dulu ke kiri dan kanan untuk memastikan agar tidak ada kendaraan yang melintas saat ia menyeberang,” urai Fira, mamanya dari Cipinang Jaya, Jakarta.

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia