Anak Malas Sarapan? Ini Solusinya!

Sarapan sangat penting sebagai sumber energi sebelum memulai anak aktivitas harian yang menguras energi.

Namun, membiasakan anak sarapan ternyata bukan perkara mudah. Diperkirakan, hanya sekitar 40 persen anak yang terbiasa menyantap makanan pagi setiap hari.

Jika anak Anda termasuk yang sulit untuk sarapan, jangan putus asa. Ada beberapa trik yang bisa Anda lakukan sehingga membuat sarapan menjadi kegiatan rutin menyenangkan.

Bangunkan lebih pagi
Beberapa anak malas sarapan karena mereka merasa tidak lapar saat bangun. Bisa juga, anak menghindari sarapan karena hanya memiliki sedikit waktu ekstra antara bangun, sarapan hingga berangkat sekolah.

Ada baiknya mempercepat waktu tidur dan membangunkan mereka 15-20 menit lebih cepat pagi harinya. Sehingga tiap orang punya waktu lebih panjang di pagi hari dan bisa menghabiskan sarapan tanpa terburu-buru.

Tanya menu sarapan mereka
Hampir semua anak tak menyukai sarapan. Minta anak-anak Anda menyebut menu yang ingin mereka santap esok hari. Agar mereka merasa dilibatkan, atur anak bergiliran membantu mengambil sarapan atau jus buah.

Jadikan sarapan sebagai permainan
Jika sarapan menjadi sesuatu yang menantang, mengapa tak menjadikannya sebagai sebuah permainan saja? Berikan poin bagi anak yang lebih dulu dapat menghabiskan sarapan dan berikan hadiah kecil bila mereka telah mengumpulkan sejumlah poin. Hadiahnya bisa berupa kue cokelat atau cupcake saat akhir pekan.

Variasikan jenis makan
Seringkali anak-anak bosan dengan jenis makanan yang itu-itu saja. Sesekali Anda perlu membuat sarapan berbeda dan menyiapkan makanan 'asing'. Pilih daftar bersama-sama makanan yang berasal dari beberapa negara tertentu untuk mencoba rasa baru.

Dan, pastikan anak-anak memperoleh kejutan dan lauk pauk yang makin beragam. Bila Anda kehabisan ide, cari berbagai menu makanan dari buku. Jadikan sebagai camilan

Meskipun sarapan sangat penting, jangan terlalu memaksakan diri bahwa sarapan hanya bisa di atas meja. Sereal bisa dijadikan camilan atau membuat rangkaian sereal sebelum memakannya. Sereal juga tak harus dimakan bersama susu, tetapi bisa bersama yogurt atau jus buah.

Baca juga:
- Nutrisi Terbaik untuk Otak Anak
- Tanya Jawab Seputar Makanan Anak

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia