Anak Pra Remaja Ingin Cat Rambut, Bolehkah?

Anda pikir Anda adalah mama yang paling cool sebab membiarkan anak memotong rambutnya model Mohawk. Namun, sekarang dia malah minta rambutnya dicat biru! Si praremaja melihat idolanya, entah itu Miley Cyrus atau Justin Bieber, tampil unik dan ingin ikut-ikutan juga,” kata Cozy Friedman, seorang pemilik salon di AS.

Bagaimana cara menyiasatinya, ya?

- Tetap tenang dan dengarkan. Katakan saja bahwa Anda harus berpikir-pikir dulu. Lalu, pertimbangkan norma-norma dan estetika untuk permintaannya.

- Tawarkan alternatif yang tidak terlalu ekstrem. Misalnya, ia boleh mewarnai rambutnya dengan cat yang akan hilang setelah dicuci rambut besoknya.

- Minta anak untuk melakukan sesuatu dulu. Misalnya, ia boleh mengecat rambutnya pas libur sekolah, namun nilainya harus A semua. Dengan cara ini, anak akan rajin belajar dan berusaha mencapai nilai yang terbaik. Jangan lupa, minta salon untuk memilih cat rambut yang paling aman untuk anak.

- Buat penawaran! Misalnya, rambut mohawk-nya boleh dicat, namun ujung-ujungnya saja, ya. Bagaimana pun, yang diminta si kecil bukan sesuatu yang krusial, melainkan rambutnya. Jadi, mengapa tidak? Bisa jadi, Anda akan kaget sendiri pada sesuatu yang terbiasa Anda lihat – atau bahkan mulai Anda sukai. Dalam beberapa minggu, mungkin saja ia memutuskan untuk memotong rambutnya dan memilih model rambut yang lebih ngetren.

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia