Atasi Anak Berperilaku Buruk di Sekolah

Apakah anak Mama berperilaku buruk di sekolah, padahal di rumah ia selalu berperilaku baik? Kepribadian ganda seperti itu memang bisa saja terjadi pada beberapa anak. Hal tersebut dapat disengaja oleh anak, namun dapat juga dilakukan secara tidak sadar.

Sayangnya, penyebab terbesar anak berkepribadian ganda datang dari orang tuanya sendiri. Oleh sebab itu, orang tua perlu lebih cermat dalam mengurus anak, agar perilaku anak di rumah maupun di sekolah, dan dimanapun ia berada, adalah selalu perilaku yang positif. Orang tua perlu:

1. Memahami anak. Sebagai orang tua, mungkin Anda merasa sebagai orang yang paling dekat dengan si kecil. Coba perhatikan lagi, apakah Anda sudah benar-benar memahaminya? Bagaimanakah kepribadian si kecil? Temperamental, easy-going, atau pemalu? Tahukah Anda tentang minatnya, kekuatan dan kelemahannya, serta apa yang ia sukai dan tidak disukai.

2. Meluangkan lebih banyak waktu dengan anak sekaligus cobalah mengenal teman sepergaulannya di rumah atau sekolah. Ini dapat memperkuat bonding orangtua dan anak juga, lho.

3. Mengajak anak bersosialisasi. Ajarkan berperilaku baik di mana saja. Misal berempati ketika ada teman yang sedang sedih, menghormati orang yang lebih tua, tidak menghina atau merendahkan orang lain.

4. Berkomunikasi dengan anak. Buatlah waktu khusus untuk “curhat-curhatan” dengan anak. Bisa juga dilakukan saat menjelang tidur atau setelah makan malam.

5. Bekerja sama dengan sekolah. Sesekali tanyakan kepada guru di sekolahnya, bagaimana perkembangan anak, terbukalah dengan guru apa yang menjadi kekhawatiran Anda soal si kecil dan bersama-sama mencari solusinya.

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia