Atasi Batuk Anak

Sedih rasanya bila melihat batuk anak yang tak kunjung sembuh. Kegiatan belajar, bermain, hingga tidurnya pun jadi terganggu. Bantu ringankan batuk anak dengan langkah berikut:


- Perbanyak minum air putih. Hal ini bisa membantu mengencerkan lendir yang menyebabkan batuk. Beberapa mama juga merasa batuk anak akan berkurang bila ia minum air hangat yang diberi jahe atau lemon.


- Awasi aktivitas anak. Ini bukan berarti ia tidak boleh bermain sepuasnya. Namun, dikhawatirkan batuk anak akan menulari teman-temannya. Biarkan ia berlari dan melompat sepuasnya bila merasa baik-baik saja. Pastikan saja ia menggunakan masker saat berada di luar ruang dan juga cukup istirahat.


- Pilih obat batuk untuk mengurangi frekuensi batuk. Obat batuk dengan bahan aktif ekspektoran dan demulsen efektif mengeluarkan dahak dan melapisi tenggorokan agar tidak terjadi iritasi. Pilih juga obat dengan after taste yang enak dan tidak pahit. Jadi, anak tidak akan menolak meminumnya. Ajak juga anak memilih sendiri rasa obat yang ia suka, seperti stroberi, jeruk, apel, hingga madu. Apa lagi? Pastikan harga obat terjangkau dan terjaga kualitasnya.


- Periksakan ke dokter. Segera bawa ke dokter bila batuknya berlangsung lebih dari 5 hari, napasnya terdengar makin cepat dan terlihat sesak. Apa lagi, jika hal ini ditambah dengan hilangnya selera makan, bahkan muntah pada anak.


Baca juga:

- Beda Alergi dan Batuk Pilek 

- Tips Anak Cepat Sembuh Batuk Pilek

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia