Let's Vacay!
Sudah punya rencana liburan akhir tahun ini? Wisata apa yang jadi pilihan keluarga Anda?
Jelajah Museum
Bermain di Pantai
Liburan di Pegunungan
Wisata Belanja
Wisata Kuliner

Aturan Baru Saat Makan Malam

Menetapkan aturan makan malam sepertinya terdengar menyeramkan. Namun, jika aturan yang dibuat benar-benar realistis, mudah dipatuhi, dan berlaku bagi Anda maupun anak, maka acara makan malam akan menjadi hal yang paling berkesan.

“Habiskan makananmu” adalah aturan yang sudah kuno. Coba lima aturan baru ini yang akan membuat acara makan malam menjadi sehat serta menyenangkan:

- Satu keluarga, satu makanan
Rencanakan bersama apa yang akan menjadi menu makan malam selama seminggu ke depan. Ini untuk menghindari jika tiba-tiba si kecil merengek minta digorengkan nugget karena ia tak mau makan menu yang Anda siapkan. Seluruh anggota keluarga harus memakan menu yang sama.

- Tanpa TV dan gadget
Mengecek email atau menonton berita terbaru tentu bisa menunggu setelah acara makan malam selesai. Dengan berkurangnya pengalih perhatian, maka seluruh anggota keluarga bisa merasa rileks dan menikmati makanan dengan tenang. Ikatan di antara seluruh anggota keluarga pun akan semakin terjalin.

- Icipi sebelum berkata ‘tidak’
Jika Anda memasak menu baru, minta semua anggota keluarga mencicipinya dahulu sebelum menolaknya. Bagaimana jika si kecil tetap tidak suka setelah mencoba? Biarkan ia memutuskan. Setidaknya ia telah mencicipinya.

- Lakukan satu hal untuk membantu
Biarkan si kecil melakukan sesuatu untuk mempersiapkan makan malam, entah mengambilkan sendok atau menyiapkan mangkuk. Kontribusi sekecil apapun akan membuatnya merasa dilibatkan.

- Waktunya bercerita
Makan malam adalah waktu yang tepat bagi keluarga untuk berbagi cerita. Setiap orang secara bergantian wajib menceritakan satu hal yang membuatnya bahagia dan satu hal yang membuatnya sedih atau marah di hari itu. Jika hari itu tak ada hal yang membuat sedih, maka ia boleh menceritakan dua hal yang membuatnya bahagia.



   Komentar

  
200 karakter tersedia

** Dengan meng-klik tombol "kirim" berarti kamu telah menyetujui Privacy Policy & Disclaimer kami.
 
   Kirim ke Teman


 
200 karakter tersedia
** Jika sudah login, email akan terkirim dengan nama anda.
 



Home | Hamil | Bayi | Balita | Usia Sekolah (5-12) | Dunia Mama | Acara Parenting | Berlangganan | Privacy Policy & Disclaimer | Terms & Condition

2004 - 2014 Hak cipta oleh majalah Parenting
Dilarang menyalin/ mempublikasikan/meng-copy isi website tanpa seijin pihak Femina Group
Tampilan terbaik gunakan IE 7+ / Mozilla Firefox 3+