Awas Bahaya Gadget

Meski saat ini penggunaan gadget sudah mewabah, ada baiknya tetap mewaspadai risiko yang ditimbulkannya terhadap kesehatan, khususnya bagi anak:

- Risiko radiasi. Berbagai penelitian menunjukkan, paparan radiasi ponsel berdampak serius bagi kesehatan. Sebaiknya, anak tidak terus menerus memakai gadget untuk mengurangi paparan radiasi.

- Risiko kecanduan. Penelitian Rutgers University menunjukkan, BB, misalnya, memicu ketergantungan dan membuat penggunanya memerlukan terapi setara dengan terapi ketergantungan obat-obatan.

Terbiasa selalu mengecek pesan atau email, dan kemudahan terhubung dengan internet membuat penggunanya tanpa sadar selalu terdorong untuk membuka BB, berharap menerima pesan atau email yang menyenangkan.

- Risiko insomnia. Berkirim pesan atau chatting berkepanjangan membuat pola tidur terganggu sehingga akhirnya menyebabkan insomnia. Kurang tidur juga menyebabkan sakit kepala dan sulit konsentrasi.

Untuk meminimalkan risiko di atas, pakailah gadget secara bijak. Jangan letakkan di dekat tubuh atau di samping kepala, terlebih saat sedang tidur. Sedapat mungkin pakailah headset agar kepala tidak terlalu dekat dengan antena.

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia