Belajar mendengar aktif

Psikolog adalah profesi yang salah satu tugasnya adalah membantu orang memecahkan masalah. Banyak orang terbukti mendapat pandangan baru untuk mengatasi masalah hidupnya setelah datang ke psikolog. Sebenarnya, apa sih, yang dilakukan psikolog? Ternyata, salah satu dasar pekerjaan mereka adalah ‘mendengar’. Bukan mendengar biasa, tapi mendengar aktif (active listening).

Mendengar aktif intinya adalah berusaha benar-benar memahami apa yang ingin disampaikan oleh lawan bicara. Untuk itu, kita harus membebaskan diri dari asumsi atau pikiran-pikiran kita tentang si lawan bicara. Jika kita juga melakukan hal ini, kita bisa meningkatkan kualitas kedekatan dengan anak dan suami. Mau tahu caranya?

  • Tunjukkan Anda sedang mendengarkan. Usahakan untuk menatap mata lawan bicara dan mendekatkan diri.
  • Berkonsentrasi. Jika perlu, berhentilah sejenak dari apa yang sedang Anda lakukan ketika anak mulai bicara.
  • Dengar, lihat, rasakan. Gunakan seluruh indera Anda untuk memahami, tak hanya menggunakan telinga. Selain mendengar apa yang ia ucapkan, perhatikan pula gerak-geriknya. Terkadang baunya juga memberitahu Anda, apa yang terjadi sesungguhnya.
  • Sesekali ulangi bagian tertentu dari perkataannya untuk menunjukkan Anda tertarik. Lakukan dengan tulus. Misalnya ketika anak bilang, “Tadi di sekolah aku gambar pohon kelapa tinggi banget, kayaknya pohon kelapaku yang paling tinggi dibanding teman-teman,” Anda bisa katakan, “Oh ya, pohon kelapamu yang paling tinggi?”
  • Bertanya. Jangan lupa bertanya apa yang kurang jelas, atau setidaknya perlihatkan bahwa ceritanya menarik. Misalnya, “Memang gambar pohon kelapamu seperti apa?”
  • Katakan dengan bahasa Anda. Setelah ia selesai bercerita, Anda bisa mengulang ceritanya dengan lebih singkat, dengan kata-kata yang agak berbeda. Misalnya, “Sepertinya tadi kamu senang sekali menggambar pohon kelapa di sekolah. Nggak heran, pohon kelapamu paling tinggi, sih.”
Tak usah memberi saran pun sebetulnya tak apa. Seringkali dengan didengarkan saja anak sudah senang. Lama-lama Anda akan menjadi tempatnya mencurahkan perasaan. Ini akan sangat penting lho, buat membantu dia melewati masa remajanya nanti.

PAR 0107

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia