Belajar Sejarah di Facebook

Ide belajar sejarah di Facebook ini telah dijalani oleh 4e Gymnasium, sebuah sekolah di Amsterdam, Belanda. Para pengajar di sana berinisiatif untuk menggunakan popularitas dari Facebook serta kemudahan dari fitur timeline-nya untuk diterapkan dalam mata pelajaran sejarah.

Kelas sejarah di sekolah ini memfokuskan bahasannya pada 4 subyek, yaitu perjalanan Ferdinand Magellan, penemuan-penemuan penting di abad 20, sejarah perkembangan dunia fashion mulai tahun 1950 hingga saat ini, dan era kebangkitan serta jatuhnya Uni Sovyet.

Setiap halaman akan memungkinkan para murid untuk membuat sebuah postingan, lengkap dengan link untuk berbagai media (audio, film dan foto) yang bisa membantu mereka dalam menjelaskan tiap-tiap poin yang mereka ajukan, serta bisa menjadi bahan diskusi dengan guru dan teman-teman sekelas.

Selain berkutat dengan konten, para murid ini juga diharuskan untuk mengurutkan setiap peristiwa secara kronologis, yang pada akhirnya diharapkan bisa membantu mereka untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang berbagai tema sosial, budaya, tren-tren di masa lalu, serta pencapaian bersejarah.

Yang menarik, kelas sejarah di sekolah ini juga mengirimkan undangan terbuka bagi siapapun yang ingin menambahkan detil-detil baru dalam timeline pelajaran sejarah mereka, cukup dengan mengunjungi halaman Facebook resmi mereka. Tertarik untuk mengikuti metode serupa?

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia