Bercak Putih di Kulit Akibat Berenang

Anak senang sekali berenang. namun setelah melakukan aktifitas renang ada bercak-bercak putih di beberapa area di badannya. Apakah itu?

Bercak putih yang timbul karena paparan sinar matahari biasanya sering dialami oleh anak-anak yang mempunyai riwayat atopik/alergi. Kulit yang atopik (dengan bakat alergi) memberi respons yang tidak biasa jika terpapar sinar matahari.

Bercak putih ini tidak terasa gatal atau perih dan akan hilang sendiri bila terhindar dari matahari. Namun, bercak putih juga bisa disebabkan adanya infeksi jamur. Kedua hal ini tentunya sangat berbeda gejala dan pengobatannya.

Apa yang bisa Mama lakukan?

Penggunaan tabir surya wajib dilakukan untuk melindungi kulit dan mencegah timbulnya bercak-bercak putih tersebut. Untuk lebih jelasnya, silakan bawa anak berkonsultasi ke dokter untuk memastikan diagnosisnya dan mendapat pengobatan yang tepat. Sebenarnya, kedua penyebab timbulnya bercak putih ini bisa dicegah dengan penggunaan tabir surya yang tepat dan menjaga higiene/kebersihan kulit agar dapat mencegah terjadinya infeksi.

Lalu, apa yang bisa orang tua lakukan untuk hal ini? Kenali tipe kulit anak, terutama pada mereka yang mempunyai bakat alergi. Setelah itu, berikan perawatan kulit yang sesuai. Proteksi kulit dengan tabir surya jangan dilupakan karena hal ini juga bagian dari perawatan kulit sehari-hari.

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia