Cahaya Gadget Ganggu Tidur Anak

Cahaya terang dari TV atau gadget menghambat ritme sirkadian tubuh. Ritme sirkadian adalah waktu 24-jam dalam tubuh yang akan memberitahu kapan Anda butuh tidur. Sebuah penelitian menyebutkan cahaya buatan dari komputer dan gadget elektronik di sore dan malam hari akan mengganggu tidur, karena hal tersebut membuat otak mengira masih siang hari. Hal ini bisa menunda siklus tidur hingga enam sampai delapan jam, yang menyebabkan anak mengalami efek seperti jet lag.

Waspadai ini : Jika anak tak cukup tidur di malam hari, ia menjadi sulit dibangunkan  esok paginya. Ia menjadi pemarah, hiperaktif, dan sulit konsentrasi.

Cara mengatasi : Cabut dan matikan semua gadget yang ada di kamar. Jika memungkinkan, singkirkan semua alat elektronik dari kamar. Fokus lakukan kegiatan yang santai setidaknya dua jam sebelum waktu tidur, misalnya mengobrol atau membaca cerita. Gunakan lampu tidur berwarna kuning redup jika lampu kamar anak berwarna putih terang. Biasakan untuk menggunakan lampu tidur saja agar suasana mendukung untuk tidur.

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia