Cara Atasi Perang Kakak-Adik

Tentu saja, perseteruan kakak adik adalah hal biasa dan cukup sering terjadi.


Ini mereka perlukan untuk mengekspresikan perbedaan, atau untuk mempertahankan pendapat. Jadi, sebenarnya pertengkaran kakak adik juga menunjukkan indikasi yang sehat bahwa mereka berani punya pendapat dan tidak mudah menyerah untuk mempertahankan pendapat tersebut. Bila kakak adik tidak pernah adu argumentasi, bisa jadi posisi mereka tidak setara alias salah satu mungkin lebih dominan dibanding yang lain.

Namun, kadang-kadang perseteruan kakak adik bisa pula agak berlebihan. Ini terjadi kalau perseteruan mereka sudah tidak lagi sehat. Pada kasus ini, biasanya anak terlihat tidak senang ketika harus bersama-sama, dan tidak menunjukkan sikap yang hangat dan akrab, walau tidak sedang bertengkar.


Agar kakak-adik rukun, berikan contoh yang baik dengan menunjukkan hubungan yang erat dan mesra dengan pasangan. Bila Anda dan pasangan sering bertengkar, itu jugalah yang akan mereka lakukan. Begitu pula, jika Anda sering menyalahkan pasangan, anak-anak akan belajar untuk selalu menyalahkan orang lain. Bukankah anak memang belajar dengan mencontoh?


 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia