Cara Atasi Tekanan dari Pergaulan Teman

Tentunya, anak Anda pasti tahu kalau dua tambah dua sama dengan empat. Tapi jika temannya mengatakan “tiga”, apakah anak akan berubah pikiran? Ini cara atasi tekanan pergaulan teman-teman anak.

Studi terbaru dari Jerman menemukan, banyak anak memiliki situasi sama. “Anak ingin diterima dan dapat menyesuaikan diri dengan temannya,” ujar Neil Bernstein, Ph. D., psikologi anak dan ahli orangtua di Washington, DC. Untuk membantu anak menilai opini diri sendiri:

Ketika anak mengeluh bahwa dia bosan, katakan padanya, untuk menyenangkan dirinya sendiri dibandingkan dengan memberikan terlalu banyak ide Anda untuknya. “Anak akan mulai berpikir untuk lebih memikirkan dirinya sendiri,” jelas Bernstein.

Jika anak Anda hebat di bidang kreasi Lego atau akhirnya belajar piano di kelas tertinggi, doronglah dia untuk merasa dihargai. “Menghargai kemampuannya akan membangun kepercayaan dirinya dan membuat dia tidak terlalu tertarik  dan ikut-ikutan dalam pergaulan dengan temannya,” kata Bernstein.

Katakan dan ajak bicara anak Anda, ketika anda merasa sesuatu mengganggu Anda tentunya perihal anak Anda dan temannya. (Penulis: Cheryl Pricilla Bensa/foto: dok. Feminagroup)


 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia