Cara Hadapi Anak Menangis di Sekolah

Anak Anda mulai menangis saat masuk ke preschool, tapi gurunya berkata ia baik-baik saja. Apa yang terjadi? Ini strategi atasi tangisan anak saat masuk sekolah.

Jika merasa ada keanehan pada perilaku anak, Anda harus berpikir terlebih dahulu tentang segala perubahan yang terjadi dan menimbulkan rasa cemas pada anak. 

Memiliki bayi baru, pindah ke rumah baru, ayahnya ke luar kota, atau segala kejadian  lain akan mengakibatkan anak Anda terguncang. Bahwa dunianya sama sekali tidak terduga. Hal tersebut merupakan perubahan yang sangat cepat. 

Selama saat-saat tersebut, anak akan menjadi lebih mudah ketakutan dan rewel, meskipun yang anak lakukan merupakan aktivitas  yang disukainya, bahkan ketika masuk ke sekolahnya. 

Ketika Anda mengetahui bahwa anak Anda masih merasa takut di sekolah, hal terbaik yang dapat Anda lakukan adalah melanjutkan rutinitasnya. Anda harus mengajarkan anak  bagaimana rasanya berpisah dan segalanya ternyata masih sama. Hal ini dibutuhkan untuk membangun kemampuan amannya. Strategi ini dapat membantu anak Anda beradaptasi:

1. Katakan padanya “Mama tahu kok, kamu sedih untuk meninggalkan rumah dan mengucapkan selamat tinggal. Tapi tidak hanya kamu saja, Mama juga sedih.”

2. “Kamu nanti pasti senang di sana, nanti kamu bisa menggambar (ganti dengan kegiatan yang disukai anak Anda).”

3. “Setelah waktu snack, Mama akan ke sekolah dan kita bisa menyelesaikan puzzle yang kita mulai pagi ini.” (Penulis: Cheryl Pricilla Bensa/foto: dok. Feminagroup)


 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia