Cara Seru Ajak Anak Bergerak

Anak usia 4-7 tahun memang sedang banyak bergerak dan sebenarnya bisa diarahkan untuk ikut menolong Anda melakukan beberapa pekerjaan kecil di rumah.

Anda pernah bertanya-tanya, bagaimana guru di sekolahnya dapat meminta mereka melakukan hal ini? Kuncinya adalah: buat permainan seru! Mereka akan dengan senang hati mengikuti instruksi Anda jika diajak berimajinasi sambil membantu Anda membereskan berbagai hal.

Berikut adalah beberapa trik yang diberikan Rae Pica, penulis buku Teachable Transitions: 190 Activities to Move From Morning Circle Until the End of The Day.

- Saat makan. Beri anak-anak usia ini tantangan untuk menunjukkan dengan gerakan-gerakan tubuh mereka, seperti “Coba peragakan spageti yang baru dimasak!”, atau “Gerakan brokoli yang sedang dicuci!”, sambil berjalan menuju meja makan.

- Saat berangkat sekolah. Ajak mereka menghentakkan kaki atau berbaris. Bisa juga dengan pura-pura bergerak cepat (fast forward) atau justru perlahan (slow motion).

- Beres-beres. Minta mereka menyanyikan lagu dengan nada riang dan tantang mereka untuk menaruh semua barang ke tempatnya sebelum lagu tersebut habis dinyanyikan.

- Mengajak tidur. Berpura-puralah sebagai balon dan minta anak untuk menghirup udara banyak-banyak, lalu hembuskan perlahan seperti balon. Lakukan terus menerus dan ia pun akan mengantuk.

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia