Ciri-ciri Anak Berjiwa Pemimpin

Seberapa penting, sih, memiliki jiwa pemimpin pada anak? Jawabannya adalah sangat penting. Bukan semata-mata karena Anda berharap kelak ia akan memiliki jabatan atau posisi sebagai seorang pemimpin. Bahkan bila ia tidak
menempati jabatan sebagai pimpinan sekalipun, potensi kepemimpinan yang dimilikinya ini tetap akan sangat berguna untuk memimpin diri, keluarga, atau pekerjaannya.

Ya, karena berjiwa pemimpin tidak selalu berarti mengarahkan orang lain. Berjiwa pemimpin juga berarti seseorang dapat mengenal dirinya dengan balk sehingga mampu meregulasi dirinya dengan balk.

Pakar psikologi anak, Vera Itabiliana, mengatakan bahwa anak-anak adalah calon pemimpin di masa depan. Oleh karena itu, sudah seharusnya anak dipersiapkan untuk memiliki jiwa kepemimpinan sejak dini. Secara umum, inilah ciri-ciri yang diharapkan dari anak berjiwa pemimpin:

• Mandiri
Kemandirian dibutuhkan sebagai dasar untuk mengatasi konflik  dan kemampuan bergaul.

• Kemampuan verbal
Kemampuan verbal yang baik adalah modal anak untuk mengungkapkan apa pun
yang dipikirkannya. Seelain itu, kemampuan berbahasa ini juga akan membuatnya menjadi negosiator yang baik.

• Jujur
Jujur adalah keberanian untuk mengungkapkan sesuatu sesuai dengan kondisi sebenarnya. Ini adalah sifat penting yang harus dimiliki seorang pemimpin.

• Integritas
Integritas adalah kemampuan untuk melaksanakan tugas yang diemban secara total atau penuh dedikasi.

• Kerja sama
Kemampuan bekerja sama dengan orang lain sekaligus melakukan koordinasi tugas dengan teman satu tim merupakan salah satu bentuk kepemimpinan. Seorang pemimpin yang baik, tentunya akan menggunakan bahasa yang sopan dan tegas dalam menyampaikan perintah.

• Inisiatif
Ini artinya, anak senang/mau melakukan kegiatan positif tanpa perlu diminta/disuruh.

• Bertanggung jawab
Dengan memiliki rasa tanggung jawab, anak akan terbiasa menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan, serta konsisten dan menepati apa yang dikatakan atau dijanjikan.

• Mampu menyelesaikan masalah
Tak hanya mampu, tapi juga tetap fokus dan tidak mudah putus asa dalam
menyelesaikan berbagai masalah sederhana.

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia