Dampingi Anak Atasi Konflik dengan Teman

Mama perlu menyadari bahwa dalam pertemanan anak akan ada saat ketika anak merasa senang maupun sedih, maka itu Mama perlu mendampinginya untuk memahami hal-hal yang dihadapinya dalam pertemanan.

Apabila anak baru saja melewati hari buruk, misalnya konflik bersama teman, coba dengarkan terlebih dahulu keluh kesahnya dan apa yang membuatnya kesal. Setelah itu, beritahu padanya bahwa tiap hubungan pasti akan melewati waktu yang baik dan buruk. Kemudian biarkan anak mencari solusinya sendiri karena mungkin saja hari ini ia kesal dengan temannya, besok ia akan terlihat riang dan bermain lagi bersama temannya.

Ajarkan juga pada anak cara berempati. Beritahu padanya bahwa ada hal-hal yang tidak disukai dan disukai teman-teman yang tidak ia sadari. Coba bicarakan hal ini secara perlahan agar anak mengerti, dan beritahu padanya bahwa anak baik akan lebih disenangi orang lain. Serta, berikan tip pada anak caranya dapat berinteraksi baik dengan anak lain.

Terakhir, bila anak merasa sangat sedih tidak diajak pergi ke acara ulangtahun atau acara-acara besar lainnya, katakan hal-hal positif yang bisa ia dapat karena tidak ikut ke acara-acara tersebut. Buatlah anak terus berpikir positif namun tidak dengan cara menjelek-jelekan atau merendahkan orang lain.

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia