DM tipe 1? Penyakit Apa Itu?

      Diabetes melitus  (DM) tipe 1 merupakan penyakit autoimun dimana sistem pertahanan tubuh menyerang dan merusak sel-sel yang memproduksi hormon insulin sehingga pankreas tidak dapat memproduksi hormon tersebut. Padahal insulin dibutuhkan untuk mengendalikan kadar gula dalam darah dengan cara membantu glukosa masuk ke sel-sel tubuh sehingga dapat digunakan sebagai energi untuk beraktivitas.
      Proses autoimun dapat terjadi berkaitan dengan kerusakan gen tertentu yang dapat diturunkan dari orangtua kepada anak, namun ini hanya 10% dari kasus DM 1. Kerusakan gen juga dapat terjadi spontan akibat infeksi, polusi, radiasi, atau konsumsi obat. Oleh karena itu, penyakit DM tipe 1 pada anak merupakan penyakit yang tidak bisa dicegah atau disembuhkan, tapi bisa dikendalikan.
      Jika terkontrol, DM tipe 1 tidak mengganggu kecerdasan dan perkembangan si kecil. Mengendalikan kadar gula darah pada DM tipe 1 dilakukan dengan cara:

  • Pemberian insulin setiap hari seumur hidup. Mutlak diperlukan karena tubuh tidak bisa memproduksi insulin. Yang paling efektif adalah melalui suntikan di bawah kulit.
  • Memeriksa kadar gula darah setiap hari, untuk mengetahui cukup tidaknya dosis insulin yang diberikan.
  • Pengaturan pola makan. Jadwal makan harus teratur, anak penderita DM tipe 1 harus makan makanan sehat dan boleh makan jenis-jenis makanan lain yang mereka sukai asal tetap memperhatikan jumlah makanan yang dimakan, kadar gula darah, dan jumlah insulin yang digunakan.
  • Olahraga. Selain untuk menjaga kebugaran anak, olahraga juga dapat menurunkan kebutuhan insulin serta meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin.

Baca juga: Deteksi Dini Diabetes Melitus tipe 1 pada Anak


 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia