Edukasi Anak Perempuan Menjelang Haid

Sebagai tanda peralihan menuju masa dewasa, menstruasi pada anak akan terjadi pada usia 9 - 13 tahun. Namun mengapa anak Anda belum juga? Bahkan dia khawatir sekali. Ini cara menenangkannya.


- Cari info, yuk! Alih-alih sekadar memberi jawaban, “Ditunggu saja, mungkin belum waktunya”, yang tak bisa memupus kecemasan anak, ajak ia mencari sebanyak mungkin informasi seputar hal ini. Anda bisa mengajaknya mencari buku-buku tentang pubertas yang memuat serba-serbi menstruasi pertama – plus faktor-faktor yang membuat seorang anak perempuan lebih cepat atau lambat memperolehnya. Baca bersama-sama, dan beri penjelasan bila ia masih bingung. 

- Konsultasi ke ginekolog. Jawaban dari pertanyaannya tentu akan lebih memuaskan kalau berasal dari pakarnya. Jika buku-buku itu belum memberi jawaban memuaskan, ajak ia mengunjungi seorang ginekolog. Saat konsultasi, ia bisa menanyakan apapun. Dokter juga bisa sekaligus melakukan pemeriksaan untuk memastikan tak ada masalah pada dirinya. Setelah yakin semuanya baik-baik saja, tak ada lagi alasan untuk khawatir, kan? 


 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia