Jangan Katakan Ini pada Anak (Part I)

Beberapa kalimat berikut tidak dianjurkan untuk dikatakan pada anak. Simak apa saja dan kenapa Anda tidak boleh mengucapkan depan anak.


1. “Kenapa sih kamu nggak bisa mirip seperti kakak kamu?

Mungkin bagi Anda, sangat membantu jika menjadikan salah satu saudara sebagai panduan bagi anak Anda. “Lihat! Janice bisa pakai sepatunya sendiri, kamu kapan? Tapi membandingkan bukan cara yang baik. Anak Anda adalah anak Anda bukan Janice ataupun anak lainnya.


Sangat lumrah ketika orangtua membandingkan anaknya dengan anak lain untuk melihat pengalaman tentang sikap mereka. Tapi jangan biarkan anak Anda mendengar atau mengetahui Anda melakukan itu. Anak berkembang dalam fase mereka dan memiliki temparamen dan personalitasnya senidri.


Membandingkan anak dengan anak lain sama saja seperti Anda ingin Anda menjadi orang lain. Jadi jangan katakan hal-hal seperti itu. Lebih baik katakana “Coba yuk, pakai sepatu sendiri.”


2. “Kamu lebih baik daripada itu!”

Seperti membandingkan, kalimat tersebut akan memberikan sengatan bagi anak. Jika anak mengalami kesalahan seharusnya komentar Anda lebih produktif dan suportif. Berikan anak Anda pengertian dan jadilah lebih spesifik. Katakan “Mama lebih suka jika kamu melakukannya seperti ini, terima kasih.” “Coba kamu belajar lebih giat, pasti jadi ranking 1.” 


3. “Berhenti! Atau Mama kasih kamu sesuatu untuk ditangisi!” 

Ancaman yang Anda berikan biasanya merupakan hasil dari kefrustasian Anda. Seperti “Kalau kamu buat begitu lagi, Mama pukul kamu!.” Masalahnya adalah ketika Anda terlalu sering membuat ancaman, Anda akan kehilangan kekuatan.


Jika Anda seringkali memberikan ancaman maka anak anda akan terbiasa dan akhirnya jika Anda mengatakan itu, tidak ada gunanya lagi bagi anak Anda.


 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia