Jika Anak Bertanya Asal Bayi

Di zaman sekarang ini, orang tua perlu memberikan pengetahuan seks lebih dini kepada anak-anak. Pengetahuan seks disini bukan segala-galanya diberitahu langsung kepada anak, namun beberapa hal yang mungkin akan menjadi pertanyaannya seiring dengan pertumbuhannya.

Sering sekali anak-anak bertanya, “Ma, kok bisa ada adik bayi di perut Mama?”. Jika keluar pertanyaan seperti itu dari mulut anak, orang tua perlu memberikan penjelasan yang sederhana dan mudah dimengerti. Jangan mengatakan pada anak bahwa ia akan mengerti sendiri nanti.  Justru orang tua harus mulai memberikan pengetahuan seks yang sederhana saja agar anak mengerti bahwa Tuhan itu Mahatinggi, bahwa ada hal-hal yang hanya boleh dilakukan saat ia dewasa, dan sebagainya.

Nah, jika anak Mama menanyakan mengenai bayi yang ada di perut, Mama bisa menjelaskan mulai dari saat Mama bertemu dengan Papa. Kemudian, Mama dan Papa saling mencintai dan akhirnya menikah di depan penghulu/ pendeta/ romo. 


Mama juga harus menegaskan secara halus mengenai moral agama. Setelah itu, Mama bisa jelaskan bahwa Mama dan Papa berdoa kepada Tuhan agar diberikan anak, dan terbentuklah bayi di perut Mama. Saat bayi itu ada di perut Mama, artinya Mama sedang mengandung, dan pada saatnya, bayi itu akan lahir ke dunia.

Jika anak sudah puas dengan jawaban tadi, bisa dijelaskan sampai disitu saja. Namun, jika ia belum puas, Mama bisa memberikan penjelasan lebih lanjut seperti penjelasan pada hubungan seks.

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia