Jika Hewan Peliharaan Anak Hilang

Bagi anak, hewan kesayangan memang seringkali tidak sekadar hewan peliharaan, tetapi lebih sebagai teman, dan bahkan sebagai bagian dari keluarga.

Betapa sedih ketika harus mengucapkan selamat berpisah untuk selamanya, padahal biasanya, hewan setia itu selalu menemani anak bermain. Agar ia cepat pulih dari rasa sedihnya, Anda bisa melakukan beberapa hal di bawah ini:

- Membiarkan anak tahu bahwa Anda pun merasakan kesedihan dan rasa kehilangan yang sama seperti yang ia rasakan. Tidak menyembunyikan apa yang Anda rasakan akan membuat anak mengerti bahwa tidak apa-apa untuk merasa sedih ketika kehilangan sesuatu yang disayangi. Melihat bahwa ia tidaklah bersedih sendirian juga akan membuat perasaannya lebih baik.

 - Anda juga bisa menceritakan, rasa kehilangan yang pernah Anda rasakan ketika semasa kecil dulu anjing kesayangan Anda mati, atau kesedihan yang diceritakan Oma Lisa, ketika dulu beberapa hamsternya juga mati.

- Agar ia cepat pulih dari rasa sedihnya, Anda bisa mengajaknya mendoakan binatang kesayangannya itu.

- Anda juga bisa mengajaknya mencetak foto-foto mereka yang lucu dan menempelkannya di buku sebagai kenang-kenangan. Dan sesekali ceritakan kenangan lucu Anda bersama hewan piaraan Anda dulu, agar ia juga bisa mengenang hal-hal yang lucu dari hewan piaraannya dan tidak terus menerus bersedih.

- Jangan buru-buru membelikan binatang baru untuknya, Ma. Biarkan kesedihannya benar-benar pulih agar ia bisa menyayangi hewan piaraan barunya sama seperti yang sebelumnya. (Foto: dok. Feminagroup.)

 

 

 

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia