Kandungan Bahan Makanan dalam Permen Kenyal

Anak senang makan permen kenyal/chewy, karena rasanya yang manis dan tekstur yang kenyal. Tapi, apa saja komposisi bahan makan dalam camilan ini?   Tak ada salahnya Mama kenali bahan dan nutrisi yang terkandung dalam permen favorit anak ini.

* Bahan Penstabil (Gelatin Sapi)
Sama seperti pada produk biskuit, bahan penstabil (stabilizer) adalah BTP yang berfungsi untuk menstabilkan sistem dispersi agar campuran ingredient menjadi homogen. Untuk produk permen kenyal yang biasa digunakan memang jenis gelatin. Fungsi lain gelatin adalah sebagai bahan pembentuk gel atau pembentuk tekstur.

* Humektan
Merupakan BTP yang digunakan untuk mempertahankan kelembaban produk pangan. Bahan yang sering digunakan sebagai humektan untuk permen adalah sorbitol dan xilitol yang juga mampu memperbaiki cita rasa kunyah untuk  permen chewy.
 
* Pengatur Keasaman (asam sitrat, asam laktat)
Fungsi sama dengan pada produk chips dan biskuit

* Perisa Buah-Buahan
Merupakan jenis BTP flavouring yang berfungsi memberi flavor selain asin, manis, dan asam.

* Bahan Pelapis (Minyak nabati, beeswax)
Disebut juga glazing agent. Merupakan BTP yang berfungsi untuk melapisi permukaan pangan sehingga memberikan efek perlindungan dan/atau penampakan mengilap.

* Pewarna (kurkumin CI75300, tartrasin CI19140, dan lainnya)
Kurkumin CI75300 merupakan jenis pewarna alami, sedangkan tartrazin CI19140 (Tartrazine) adalah jenis pewarna sintetis.

* Pengental: gum xanthan
Merupakan BTP untuk meningkatkan viskositas (kekentalan) produk pangan.
 Xanthan gum juga berfungsi sebagai penstabil.

* Pengawet: Kalium Sorbat

Pengawet (Preservative) adalah BTP yang ditambahkan untuk mencegah atau menghambat fermentasi, pengasaman, penguraian, dan perusakan lainnya terhadap pangan yang disebabkan oleh kerusakan mikroorganisme. Jenis asam sorbat dan garamnya, termasuk kalium sorbat, umum digunakan dalam produk kembang gula (hard ataupun chewy)

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia