Kapan Anak Boleh Berdandan?

Ternyata remaja putri Anda sudah besar sekarang. Tentunya lazim baginya ingin mencoba berdandan dan memakai make-up yang biasanya Mamanya gunakan. 


Umur berapa, sih, anak-anak boleh memakai make-up? Jawabannya tidak ada yang pasti. Pasalnya, ini adalah perkara yang terkait dengan kebiasaan yang berlaku di keluarga dan lingkungan. Meski begitu, sebelum memutuskan, pertimbangkan dulu yang berikut ini:


- Riwayat alergi. Cara mendeteksinya adalah memulas make-up pada le-ngan bagian dalam. Bila muncul reaksi alergi, seperti gatal-gatal atau ruam merah, berarti make-up tersebut tidak cocok untuknya.

- Mulai dari yang sederhana. Kalau sekadar bedak, tak ada salahnya memberi lampu hijau. Jika dia minta lebih, bujuklah untuk menunda keinginannya dengan menjelaskan bahwa make-up berisiko merusak kulitnya yang mulus. Kalau dia tetap ingin pakai, berikan lipgloss atau lipbalm tanpa pewarna yang masih cocok untuk anak seusianya.

- Tanamkan percaya diri. Anda bisa bicara dulu dari hati ke hati dengan si praremaja. Tumbuhkan rasa percaya dirinya dengan cara mendampingi dan mendukung hal-hal positif yang dilakukannya.


 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia